APT Sepakati 5 Strategi Baru Kebijakan Digital

APT Sepakati 5 Strategi Baru Kebijakan Digital

APT Sepakati 5 Strategi Baru Kebijakan Digital

APT Sepakati 5 Strategi Baru Kebijakan Digital

Pertemuan Menteri

Pesantrenkilat.id – Pertemuan Menteri yang menangani teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari 32 negara anggota Asia-Pasific Telecommunity (APT) membahas lima inisiatif sasaran strategis baru. Penetapan dalam Ministerial Statement itu menjadi agenda kebijakan digital lima tahun ke depan.

“Semua perwakilan negara yang hadir menyadari pertumbuhan digital dan TIK yang begitu pesat. Sehingga sepakat merumuskan lima sasaran strategis dalam bidang digital, antara lain digital transformation, digital innovation and creativitydigital communitydigital trust dan capacity building and partnership, ” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, di Singapura, Rabu (26/6/2019) .

Menurut Sekjen Niken, para Menteri dalam pertemuan ini menyepakati dokumen Singapore Statement on Co-Creating a Connected Digital Future in the Asia-Pacific. “Kelima sasaran strategis tertuang dalam dokumen tersebut,” tambahnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung tanggal 25 sampai dengan 26 Juni 2019, delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, dan didampingi oleh perwakilan dari Pusat Kelembagaan Internasional, Direktorat Pemberdayaan Informatika, serta komisioner dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Momentum tepat

Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, S. Iswaran menyatakan penyelenggaraan forum kali ini bertepatan dengan tumbuhnya keunggulan Asia-Pasifik sebagai kekuatan ekonomi global.

“Pertemuan Tingkat Menteri TIK Asia-Pasifik diselenggarakan pada waktu yang tepat dimana saat ini dunia mendekati persimpangan-persimpangan TIK dan perbatasan lanskap digital yang berkembang pesat,” jelasnya.

Selama lima tahun terakhir, pengembangan TIK di wilayah Asia-Pasifik telah menunjukkan peningkatan yang signifikan, sesuai dengan program-program prioritas yang dicanangkan pada pertemuan tersebut.

Forum APT

Forum APT merupakan joint initiatives dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) dan  International Telecommunication Union (ITU). Forum itu memfasilitasi perkembangan TIK di kawasan Asia-Pasifik.

APT yang berdiri sejak tahun 1979 telah memainkan peran kunci dalam membina kerjasama regional dan memfasilitasi prakarsa pembangunan dan program pengembangan kapasitas TIK.

About the author