Cara Mengetahui WhatsApp Down

3 min read

WhatsApp down memanglah tidak demikian umum terjadi. Tetapi demikian ini sedang dirasakan, tentu saja buat pemakainya kewalahan. Apa lagi buat beberapa orang yang banyak memakai program ini dalam kerjanya.

WhatsApp adalah program chatting dalam jumlah pemakai paling banyak di dunia. Di WA ada beragam jenis feature menarik.

Tetapi saat down, banyak pemakai yang mengeluhkan alami beberapa permasalahan, misalkan kesusahan untuk chatting, sampai tidak dapat memakai sejumlah fitur tertentu.

Misalkan masalah pada ijin contact WhatsApp, permasalahan WA tidak dapat kirim pesan, tidak dapat terima gambar, dan lain-lain.

Permasalahannya, ada beberapa pemakai yang belum mengetahui, apakah beda WhatsApp yang alami down, dengan WhatsApp yang cuman error dikarenakan oleh permasalahan intern dari HP.

Ke-2 nya memang sedikit susah sich untuk diperbedakan.

Langkah Ketahui WhatsApp Sedang Masalah Atau Tidak

Meskipun susah diperbedakan, sebetulnya ada banyak panduan untuk ketahui WA memang alami masalah secara global (down), atau masalah karena permasalahan mekanisme dari HP kita sendiri.

Di sini saya mau mencoba mengulasnya. Karena saya berpikir, penting untuk Anda yang mungkin sering kali memakai WhatsApp.

Berikut ulasannya:

1. Tanya Beberapa Rekan Paling dekat Anda

Saat WhatsApp error, ada banyak rekan yang bertanya ke saya mengenai permasalahannya. Nach, selanjutnya saya verifikasi kembali ke rekan contact WhatsApp saya yang lain, dan rupanya dia alami permasalahan yang serupa.

Di sini dapat diambil kesimpulan, jika ini terhitung masalah dari WhatsApp.

Mengapa? Karena jika masalah intern itu tidak akan semuanya orang merasakannya dalam saat yang sama dan dalam permasalahan yang serupa.

Misalkan, kita tidak dapat klarifikasi nomor, dan jika rupanya di saat itu rekan kita dapat, memiliki arti permasalahannya berada di HP kita sendiri.

Jadi pokoknya ini. Saat WA error, coba tanya ke sejumlah rekan WhatsApp Anda, apa mereka alami permasalahan yang serupa atau tidak.

Jika cuman Anda yang alami, memiliki arti peluang permasalahan berada pada HP. Dan jika rekan Anda juga merasakannya, memiliki arti WhatsApp sedang pada keadaan down.

2. Test Lewat HP yang Berlainan

Jika Anda ingin mengkonfirmasinya sendiri, apa WA memang alami masalah atau mungkin tidak, dapat mencoba test memakai beberapa piranti HP yang lain.

Misalkan, WhatsApp Anda masalah tidak dapat buat status, nih. Karena itu, coba pakai HP lain dan buat status di situ. Disini kita dapat mengetahui jawabnya.

Supaya lebih tepat hasilnya, yakinkan Anda penuhi dua hal ini:

  • HP yang digunakan minimum tiga piranti atau lebih.
  • Jaringan yang dipakai berlainan provider.
  • Dengan demikian, Anda dapat memperoleh info yang lebih tepat.

3. Check Lewat Situs Informasi

Langkah berikut yang paling tepat saat ingin ketahui WA down secara global, yaitu dengan manfaatkan situs informasi.

Jika WhatsApp down sampai trending, seperti yang sempat terjadi beberapa lalu pada tahun ini, karena itu tidak bingung jika tentu ada beberapa situs informasi yang menginfokannya.

Anda dapat menelusurinya di Google dengan tuliskan “WhatsApp Down” atau “WhatsApp Masalah”, karena itu kelak akan ada hasil penelusurannya.

Tetapi sedikit ada catatan, langkah ini umumnya cuman berlaku saat masalahnya terjadi secara bertepatan dalam rasio nasional atau global.

Disamping itu, jika masalahnya cuman sesaat saja, peluang tidak ada informasi yang informasikannya, atau juga bisa informasi baru ada ketika WhatsApp telah normal kembali.

4. Check Lewat Situs Downdetector.com

Di internet, ada banyak website yang dapat diketemukan. Tetapi, tidak semua selalu dapat dijangkau.

Nach, Downdetector berikut yang dapat menganalisis apa satu web alami masalah atau mungkin tidak. Hingga, kita dapat memperoleh info lewat website ini.

Tidak cuma situs saja, lho. Sekarang ini, Downdetector sudah sediakan pilihan WhatsApp. Anda dapat lakukan pengujian menggunakan langkah berikut ini:

  • Membuka situs Downdetector.com.
  • Selanjutnya mencari simbol WhatsApp.
  • Pada kolom kanan, Cek Status In The Orther Country, tentukan Indonesia.
  • Di situ Anda akan menyaksikan Report WhatsApp masalah.
  • Report itu datang dari beberapa pemakai WhatsApp langsung. Anda bisa juga saksikan kolom dialog untuk ketahui perubahannya langsung.

Berapakah Lama WhatsApp Masalah?

Berapakah lama WhatsApp alami masalah tidak dapat diprediksikan dengan cara tepat. Tergantu berapa cepat faksi WhatsApp menangani permasalahan ini.

Terkadang cuman dalam perhitungan demikian jam, terkadang ada juga yang sampai dapat sekian hari (meskipun jarang terjadi).

Anjuran saya, tidak boleh terlampau tergesa-gesa. Terus coba gunakan feature yang error dalam periode beberapa saat. Jika sudah dapat, tentu akan kembali normal, kok.

Atau Anda bisa juga sekalian terus bertanya rekan Anda untuk mengecek sudahkah maksimal kembali atau masih juga dalam kondisi down.

Bagaimana Langkah Menangani Permasalahan Saat WhatsApp Sedang Down?

Triknya menanganinya hampir tidak ada.

Jika permasalahan intern, seperti karena kekeliruan mekanisme atau jaringan, kita bisa menanganinya sendiri. Dan jika dari WhatsAppnya, yang dapat kita kerjakan hanya menanti.

Sebetulnya ada pula beberapa opsi lain seperti memakai VPN. Tetapi langkah ini tidak selamanya sukses, bergantung dari tipe masalahnya.

Walaupun demikian, pasti tidak ada kelirunya untuk coba.

Akhir Kata

Demikianlah langkah ketahui WhatsApp yang down atau masalah.

Ringkasannya, rupanya benar-benar gampang ya untuk memeriksanya. Tetapi karena ada banyak yang belum mengetahui, langkah ini sangat terasa susah untuk dilaksanakan.

Sayang, kita tidak dapat melakukan perbuatan apapun bila program ini memiliki masalah secara global. Ingin bagaimana kembali, itu telah di luar kekuatan kita.

Panduan pengujian yang saya bagi di sini, sebagai langkah yang umum saya kerjakan.

Tetapi tidak tutup peluang, masih tetap ada langkah yang lain kemungkinan dapat Anda aplikasikan. Kemungkinan satu saat artikel ini akan saya up-date bila ada info yang lain yang lebih tepat.

Jika ada yang ingin ditanya sekitar WhatsApp, silahkan langsung kirimkan menggunakan kotak kometar yang ada berikut ini, supaya bisa saya jawab kelak.

Mudah-mudahan berguna.

Kunjungi Juga:

1health.id
ctcultra.id
bajojo.id
grahainspirasi.id