Begini Perbedaan Generasi Baby boomers, X, Y, Z, dan Alpha

2 min read

Begini Perbedaan Generasi Baby boomers, X, Y, Z, dan Alpha

Inilah perbedaan gaya belajar antar generasi: Baby Boomers, Gen X, Millennials, Gen Z dan Alpha

Begini Perbedaan Generasi Baby boomers, X, Y, Z, dan Alpha
Generasi Baby Boomer

Orang yang lahir antara tahun 1946 dan 1964 dikenal sebagai generasi baby boomer. Julukan Baby Boomers tidak hanya diberikan kepada teman. Saat itu terjadi lonjakan kelahiran yang signifikan di seluruh dunia, itulah sebabnya generasi yang lahir pada masa ini disebut sebagai baby boomer. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok baby boomer dianggap sebagai generasi yang mampu mengubah nilai-nilai tradisional generasi sebelumnya.

Gaya belajar generasi baby boomer

1. Senang mendengarkan pelajaran

Generasi ini cenderung menyukai metode pembelajaran fasilitator. Hal ini tentunya membuat para guru atau dosen sangat simpatik dengan semangat generasi baby boomer saat belajar di kelas. Tidak hanya itu, mereka juga suka mencatat topik.

Gaya belajar baby boomer

2. Kaitkan ajaran dengan pengalaman pribadi

Generasi baby boomer memiliki trik tersendiri dalam memahami materi yang dipelajarinya, salah satunya dengan mengaitkannya dengan pengalaman. Biasanya, generasi ini mengaitkan subjek dengan pengalaman yang mereka miliki melalui menulis cerita.

3. Senang belajar di lingkungan yang mendukung

Siapa yang tidak suka lingkungan yang mendukung di sekitar mereka? Itulah yang diinginkan baby boomer saat mereka belajar. Mereka menyukai umpan balik positif, yang membuat generasi ini lebih baik dalam belajar.

Generasi X

Setelah generasi Baby Boomer, ada Generasi X yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980. Generasi ini dulu disebut sebagai generasi MTV. Namun karena adanya novel Generasi X: Tales for an Accelerated Culture, diubah menjadi Generasi X. Novel ini terbit pada tahun 1991 dan sangat menggambarkan keadaan generasi sekarang.

Jadi apa tipe pembelajaran generasi ini?

pelajar generasi X

1. Belajar dengan cepat dan efisien

Menjelaskan masalah di Generasi X tidak bisa panjang lebar. Mereka menyukai penjelasan yang singkat dan to the point.

Gaya belajar generasi X

Generasi X lebih menyukai diskusi yang langsung pada intinya. (Sumber: Toastmaster.org)

2. Hanya ingin mempelajari hal-hal yang akan membawa manfaat langsung

Generasi X menyukai panduan belajar yang mendetail dan contoh ringkasan pertanyaan yang mungkin ditanyakan saat ujian. Jika ada topik yang tidak termasuk dalam materi ujian, mereka tidak akan mempelajari topik tersebut. Dengan hanya mempelajari hal-hal penting, mereka belajar lebih cepat.

3. Menyukai waktu belajar yang fleksibel

Pembelajaran individu lebih disukai oleh Generasi X. Ini memberi mereka kendali bebas atas seberapa cepat mereka belajar dan kapan mereka belajar. Namun, mereka akan mencapai hasil belajar yang lebih baik jika mereka mengatur jam dan materi pembelajaran mereka sendiri.

Intermezo sebentar, ayo! Apakah Anda suka mengajukan pertanyaan tentang topik yang sulit Anda pahami? Jika ya, maka Anda perlu berkenalan dengan aplikasi Roboguru. Robot pintar ini bisa membantumu menjawab semua pertanyaan sulitmu, lho!

Panggilan baru untuk bertindak

Generasi Y (Milenial)

Jika ini adalah generasi, Anda pasti sudah sering mendengarnya. Yup, generasi millennial yang saat ini mendominasi populasi dunia. Generasi milenial juga dikenal sebagai Generasi Y yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996. Dimulai dari generasi ini, teknologi menjadi alat yang bisa diandalkan. Di bawah ini adalah jenis gaya belajar mereka.

Tipe pembelajar generasi milenial

1. Suka belajar berkelompok

Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi Milenial lebih suka belajar secara berkelompok daripada individu. Mereka menikmati kegiatan pemecahan masalah dalam kelompok kecil.

2. Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran

Teknologi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi generasi milenial. Oleh karena itu, mereka juga akan menggunakan teknologi semaksimal mungkin selama studi mereka. Contoh paling sederhana adalah menjelajahi web sambil belajar atau menyelesaikan tugas.

Gaya belajar generasi milenial

Milenial mulai menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran. (Sumber: news.mit.edu)

3. Menyukai pengalaman belajar

Experiential learning adalah metode pengajaran di mana siswa belajar dari pengalaman. Guru tidak lagi hanya menyampaikan teori, tetapi juga mengajak siswa untuk mempraktekkannya. Akibatnya, siswa lebih aktif dan mendapatkan tambahan pengetahuan dari pengalamannya.

Generasi Z

Generasi Z atau sering disebut dengan Gen Z adalah orang-orang yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Perjalanan Gen Z masih panjang dalam pendidikan dan karir. Simak gaya belajarnya di bawah ini.

Sumber :