Pengertian Dividen, Jenis, Proses Pembayaran & Menurut Ahli

2 min read

pengertian-dividen

Definisi dividen

pengertian-dividen

Dividen (dividen) adalah pembagian keuntungan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Distribusi akan mengurangi keuntungan yang dimiliki serta uang tunai yang tersedia bagi perusahaan, tetapi mendistribusikan keuntungan kepada pemilik adalah tujuan utama bisnis.

Definisi dividen menurut para ahli

Untuk lebih memahami dividen ini, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang dividen ini, pernyataan di bawah ini

Menurut Skousen et al. (2001: 757) dalam Manurung & Siregar (2008: 3)

Yang dimaksud deviden adalah pembagian permainan secara proporsional kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Menurut Tangkilisan dan Hessel (2003: 227)

Pengertian dividen adalah bagian dari laba bersih yang dibagikan kepada pemegang saham (pemilik modal sendiri, ekuitas).

Menurut Rudianto (2012: 290)

Pengertian dividen tersebut adalah bagian dari laba operasi yang diterima perusahaan dan yang diberikan perusahaan kepada pemegang sahamnya sebagai imbalan atas kesediaannya untuk menanamkan asetnya di perusahaan.

Menurut Reeve et al. (2010: 275)

Pengertian dividen adalah arus kas yang dibayarkan kepada pemegang saham.

Menurut Stice et al. Stice dkk. (2010: 787)

Pengertian dividen adalah pembagian kepada pemegang saham suatu perusahaan sebanding dengan jumlah saham yang dimiliki masing-masing pemegang saham.

Jenis dividen

Di bawah ini adalah jenis-jenis dividen, diantaranya sebagai berikut:

  • Dividen tunai
    Dividen tunai adalah metode pembayaran keuntungan secara tunai dan hanya dikenakan pajak untuk tahun penerbitannya.
  • Dividen saham
    Dividen saham ini merupakan metode pembayaran dividen yang meningkatkan jumlah saham tetapi menurunkan nilai setiap saham agar tidak mengubah modal pasar.
  • Dividen real estat
    Dividen properti ini adalah metode pembayaran dividen yang dibayarkan dalam bentuk aset seperti halnya dalam bisnis real estate. Namun, metode ini juga jarang digunakan dalam bisnis.
  • Dividen interim
    Dividen interim ini merupakan dividen yang diputuskan dan juga dibayarkan sebelum perusahaan membukukan laba tahunan.
  • Pembayaran dividen (skrip dividen)
    Dividen hutang ini merupakan pembagian dividen kepada pemegang saham dalam bentuk janji tertulis bahwa perusahaan akan membayar tunai dalam jumlah tertentu di masa depan. Dividen saham ini dapat berbentuk bunga atau tidak dan dapat diperdagangkan kepada pemegang saham lain.
  • Likuidasi dividen
    Dividen likuidasi ini merupakan dividen yang akan dikeluarkan jika Direksi melikuidasi bisnis dan mengembalikan semua sisa kekayaan bersih kepada pemegang saham dalam bentuk tunai.

Dividen berdasarkan perhitungan

Selain jenis dividen di atas, menurut perhitungannya ada dua jenis dividen, antara lain sebagai berikut:

  • Dividend Payout Ratio (DPR), yaitu dividen yang dihitung dengan menghitung persentase dividen dari laba bersih perusahaan.
  • Hasil dividen, yaitu dividen yang dasar pembagiannya adalah dividen per saham dibagi harga pasar.

Proses pembagian dividen

Pengumuman penerbit dan hutang dividen kepada pemegang saham dikenal sebagai tanggal pengumuman dividen. Menurut Sinuraya (1999), rincian data yang diperhitungkan dalam pembayaran deviden adalah sebagai berikut:

Tanggal pengumuman

Tanggal deklarasi ini adalah tanggal dimana emiten secara resmi mengumumkan bentuk dan ukurannya serta jadwal pembayaran dividen. Pengumuman biasanya digunakan untuk membagikan dividen reguler. Isi pengumuman tersebut memuat informasi penting seperti tanggal pencatatan, tanggal pembayaran, dan jumlah dividen tunai per lembar.

Tanggal pencatatan

Tanggal pencatatan ini adalah tanggal di mana Perusahaan mencatat nama-nama pemegang saham. Pemegang saham terdaftar diberikan hak, sedangkan pemegang saham yang tidak terdaftar tidak berhak atas dividen.

Tanggal dividen cum

Hari cum-dividen ini adalah hari terakhir perdagangan saham yang hak atas dividennya, baik dividen tunai maupun dividen saham, masih ditentukan.

Hari ex-dividen

Hari ex-dividen ini adalah hari dimana perdagangan saham tidak lagi terkait dengan hak atas dividen. Jika investor membeli saham pada hari ini atau kemudian hari, mereka tidak akan dapat mendaftarkan namanya untuk menerima dividen.

tanggal pembayaran

Tanggal pembayaran ini adalah hari dimana perusahaan membayar dividen kepada pemegang saham yang sudah berhak atas dividen. Pada hari ini, investor dapat membagikan dividen sesuai dengan bentuk dividen yang diumumkan oleh emiten, baik itu dividen tunai maupun dividen saham.

Demikian penjelasan mengenai pengertian deviden, jenis, metode pembayaran, dan pendapat ahli, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber :