Pengertian Iklan Komersial Media dan Contoh

2 min read

Pengertian Iklan Komersial Media dan Contoh
5/5 - (1 vote)

13 contoh iklan komersial di berbagai media + gambar & video

Pengertian Iklan Komersial Media dan Contoh

Hampir semua iklan yang Anda lihat di TV adalah contoh iklan komersial. Konten komersial juga telah masuk ke berbagai platform media.

Layanan video streaming seperti YouTube memiliki iklan. ️

Podcast terkadang memiliki iklan berbayar juga. ️

Anda masih akan sering melihat iklan di bagian atas permainan. ️

Lagi pula, pengulangan membuat Anda semakin penasaran dan ingin mencobanya. Jika hal ini terjadi, maka ini adalah tanda bahwa misi periklanan komersial berhasil.

Definisi Iklan Komersial

Sebelum melihat contoh-contohnya, tahukah Anda apa itu iklan komersial?

Menurut Law Insider, iklan komersial adalah promosi yang mengutamakan kepentingan komersial pengiklan dan audiensnya. Tujuan periklanan jelas, agar perdagangan terjadi.

Sementara itu, Wise Geek mendefinisikan iklan komersial sebagai iklan yang dibuat dengan sengaja untuk menciptakan keinginan. Pengiklan menawarkan solusi untuk membuat pemirsa tertarik dengan produk atau layanan mereka.
Jenis iklan komersial berdasarkan tujuan

Iklan komersial dibagi menjadi dua jenis berdasarkan tujuannya yaitu strategis dan taktis. Berikut penjelasannya.

Strategis: Tujuan periklanan strategis adalah untuk membangun dan memperkuat merek dengan menunjukkan keunggulan. Hasil akhirnya adalah memenangkan pelanggan setia.

Taktis: Tujuan iklan taktis lebih berfokus pada transaksi instan. Biasanya digunakan untuk penawaran di mana pemirsa harus bereaksi dengan cepat setelah melihat iklan.
Contoh iklan komersial di berbagai media

Beberapa hal yang membuat iklan komersial berbeda adalah pesannya sangat persuasif. Bahasa yang digunakan seringkali menarik dan to the point.

Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh iklan komersial di media cetak, elektronik, dan digital.
1. Media cetak

Kami membahas ini secara rinci dalam artikel tentang contoh iklan di media cetak.

Anda sendiri pasti sering melihat iklan komersial jenis ini di koran, majalah atau billboard seperti di bawah ini.
koran
Contoh iklan komersialSumber: BC

Ini adalah iklan New York Times untuk musim terbaru dari seri Game of Thrones. Bayangan naga sebenarnya tercetak di atas kertas. Kreatif kan?
majalah
Contoh iklan komersialSumber: Adweek

Iklan produk Nivea ini mendapat penghargaan di ajang Mobile Grand Prix tahun 2014. Ternyata ini alasannya…
Iklan
Contoh iklan komersialSumber: Brilio

Produk pasta gigi Formula di papan iklan menawarkan solusi gigi yang kuat dengan pesan visual yang unik.

Promosi DHL Express, layanan logistik barang berat.
2. Media Elektronik

Jika media cetak statis, pemirsa di media elektronik dapat mendengar suara, melihat video, atau keduanya.

Contoh media elektronik adalah radio dan televisi. Iklan pasti sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari Anda.
iklan TV

Kamu tahu? Iklan televisi pertama ditayangkan pada 1 Juli 1941 di Amerika Serikat.

Iklan di TV biasanya pendek dan berjalan di antara program.

Di bawah ini adalah kumpulan contoh iklan televisi komersial di Indonesia.

Selain itu, video berikut ini sering beredar di FYP TikTok, namun banyak yang tidak mengetahui bahwa itu adalah iklan John West Salmon tahun 2006.

Contoh lain dari konsep periklanan kreatif IKEA dari tahun 2015 yang dapat membuat pemirsa betah saat menonton iklan.
iklan radio

Format iklan radio mirip dengan televisi, tetapi Anda hanya dapat mendengar audio. Iklan radio paling sering berbentuk pembicaraan untuk merangsang imajinasi pendengar.

iklan bahasa Inggris

Promosi Susu Milos.

iklan indonesia

Iklan produk energi.
Sumber: Ultrajaya.co.id

Iklan produk Sari Kacang Ijo.
3. Media Digital

Media digital adalah platform yang dibentuk oleh program komputer. Contohnya adalah video game, situs web, media sosial, podcast, dll.

Sebagai sarana informasi yang menyebar sangat cepat, media digital juga menjadi tempat beriklan.
video game
Sumber: Anzu.io

Baru-baru ini, jenis iklan ini semakin populer seiring dengan munculnya esports. Advertiser mulai berani mengiklankan produknya secara terbuka di dalam game.

Sumber :