Pengertian Paragraf, Ciri, Fungsi, Beserta Jenisnya

2 min read

pengertian-paragraf

Definisi paragraf

pengertian-paragraf

Paragraf adalah kumpulan unit pemikiran yang lebih tinggi dan juga lebih luas dari sebuah kalimat. Atau pengertian paragraf yang lain adalah bagian yang berasal dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa kalimat dan terdiri dari ini, yang isinya mengungkapkan satu kesatuan informasi / kalimat, dengan gagasan utama menjadi kontrol dan juga pikiran penjelas sebagai penunjang. .

Paragraf dapat terdiri dari kalimat / kumpulan kalimat, tetapi kalimat yang berhubungan satu sama lain dalam suatu rangkaian yang membentuk suatu kalimat, dan juga dapat disebut sebagai penuangan gagasan penulis dengan menambahkan kalimat / kumpulan kalimat. Lainnya yang hanya berhubungan dengan satu topik dibahas bersama. Paragraf tersebut juga bisa disebut sebagai esai pendek.

Fitur paragraf

Setelah kita memahami arti paragraf, ada baiknya jika kita juga mengetahui ciri-ciri paragraf. Karakteristik paragraf meliputi berikut ini:

  • Gerakan pertama memiliki notch / posisinya cukup dalam, untuk komposisi yang umum terdapat lima ketukan yang terpisah spasi.
  • Paragraf tersebut menggunakan pemikiran utama yang diberikan dalam kalimat subjek.
  • Paragraf ini menggunakan kalimat subjek dan selebihnya merupakan kalimat developer yang berfungsi menjelaskan, mendeskripsikan atau bahkan menjelaskan gagasan pokok yang terkandung dalam kalimat subjek.
  • Paragraf tersebut menggunakan semangat penjelas yang diekspresikan dalam kalimat penjelasan. Kalimat tersebut berisi rincian kalimat subjek. Paragraf bukanlah kumpulan kalimat subjek. Paragraf hanya berisi satu (1) kalimat topik dan beberapa kalimat penjelasan. Masing-masing kalimat penjelasan ini berisi detail yang sangat spesifik dan tidak mengulangi pemikiran penjelas lainnya.

Fungsi penjualan

Di bawah ini adalah fungsi paragraf, termasuk yang berikut ini:

  • Mengekspresikan ide-ide tertulis dengan memberikan bentuk pemikiran dan perasaan ke dalam rangkaian kalimat yang disusun secara logis menjadi satu kesatuan.
  • Untuk menandai peralihan ide-ide baru sebuah esai yang terdiri dari beberapa paragraf, mengubah paragraf juga berarti mengubah pemikiran.
  • Mampu membuat gagasan lebih mudah diatur bagi yang menulis dan membuatnya lebih mudah dipahami bagi yang membacanya.
  • Permudah diri Anda untuk mengembangkan topik esai menjadi unit pemikiran yang lebih kecil.
    Untuk memudahkan pengendalian variabel terutama dengan lampiran yang terdiri dari beberapa variabel.

Jenis paragraf

Berikut ini adalah jenis-jenis paragraf yang bisa diamati. Berikut penjelasannya:

Paragraf naratif

adalah sejenis paragraf yang menceritakan tentang suatu peristiwa atau peristiwa berdasarkan urutan kronologis. Paragraf naratif terdiri dari narasi peristiwa dan naratif cerita yang koheren. Paragraf naratif insiden adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa, sedangkan paragraf naratif dalam sebuah cerita adalah paragraf yang pola perkembangannya didasarkan pada urutan tindakan atau tindakan yang menciptakan atau menghasilkan sesuatu.

Penjualan pameran

Merupakan paragraf yang mempunyai tujuan menjelaskan, menyampaikan, mengajar, menjelaskan dan juga menjelaskan suatu topik kepada yang membacanya dengan tujuan memberikan informasi untuk memperluas pengetahuan pembaca. Untuk memahami paragraf ini, pembaca perlu melakukan proses berpikir dan memasukkan pengetahuan.

Dokumentasi penjualan

Merupakan jenis paragraf yang mengungkapkan gagasan, gagasan, atau pendapat penulis, disertai dengan bukti dan fakta (yang benar-benar terjadi). Tujuannya agar pembaca percaya bahwa ide, gagasan, dan pendapat ini benar dan terbukti.

Paragraf persuasi

Merupakan bentuk atau jenis karangan yang dirancang untuk meyakinkan pembaca bahwa mereka ingin melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penulis. Agar tujuan yang ingin dicapai atau tercapai, penulis harus mampu memberikan bukti berdasarkan data dan fakta.

Paragraf berdasarkan lokasi pemikiran utama

Paragraf berdasarkan letak pokok pikiran atau klausa, antara lain sebagai berikut:

  • Paragraf deduktif merupakan paragraf deduktif yang ditandai dengan adanya klausa utama di awal paragraf.
  • Paragraf induktif adalah paragraf yang ditandai dengan adanya klausa utama di akhir paragraf.
  • Paragraf campuran (deduktif-induktif) adalah paragraf yang ditandai dengan adanya klausa utama di awal dan di akhir paragraf.

Sekian penjelasan tentang pengertian paragraf, fitur, fungsi dan jenisnya, semoga yang dapat dijelaskan dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber :