Simak! Cara Mengeluarkan Air Dari Speaker HP

3 min read

Anda pasti mengeluhkan apabila HP anda kemasukan air. Hal ini pastinya membuat ataupun mengganggu kenyamanan anda pada saat menggunakan HP. Pastinya, kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan barang yang paling vital satu ini.

Adapun beberapa cara yang dapat kamu lakukan pada saat speaker kemasukan air. Berikut ini harisenin x teknologi akan mengulas hal tersebut.

Dampak Speaker Kemasukan Air

Pada dasarnya speaker HP adalah salah satu

Suara yang Dikeluarkan Speaker Kecil

Salah satu efek paling umum dari air yang masuk ke dalam speaker HP  adalah suara yang dihasilkan senyap. Hal ini bisa terjadi karena kerucut speaker tertutup air, dan getaran suara yang dihasilkannya tidak maksimal. Untuk mengembalikan suara ke normal, Anda perlu mengalirkan air dari speaker ponsel cerdas Anda. Ini akan menurunkan suara.

Suara yang Keluar Tidak Jelas

Efek lain dari memaparkan speaker HP ke air adalah suara yang dihasilkan  tidak jelas. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, apalagi saat digunakan untuk menelpon atau berkomunikasi. Untuk menghindari kerusakan yang serius, speaker HP OPPO harus segera dikuras airnya agar suaranya jernih kembali.

Bunyi atau Suara Terdengar Pecah

Saat speaker HP  terkena air, suara yang dihasilkan bisa pecah dan terdengar. Kondisi ini diperparah dengan memaksimalkan volume speaker. Segera ikuti langkah-langkah menghilangkan air dari speaker smartphone Anda untuk lebih mencegah suara yang dihasilkan  pecah.

Bunyi yang Dikeluarkan Cempreng

Jika  speaker HP Anda tiba-tiba mengeluarkan suara bernada tinggi, itu mungkin karena masuknya air. Air yang membasahi permukaan speaker tidak memungkinkan gelombang suara yang datang bergetar secara optimal. Alhasil, suara yang dikeluarkan menjadi suara yang bernada tinggi, sehingga  perlu mengalirkan air dari speaker Vivo HP dll agar suara kembali normal.

Tidak Terdengar Suara Sama Sekali dari Speaker

Jika Anda tidak segera mengambil tindakan  setelah speaker HP Anda terkena air, mungkin tidak akan ada suara sama sekali. Kondisi ini biasanya terjadi saat speaker overpower dan finishing retak. Jika demikian, segera bawa ke  service center untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika perlu, ganti speaker HP untuk mengembalikan fungsi normal.

Cara Mengeluarkan Air Dari Speaker

Merendam speaker HP dalam air dapat menyebabkan speaker tidak berfungsi. Oleh karena itu, jika Anda secara tidak sengaja terkena air di ponsel Anda, segera lakukan tindakan untuk menghindari kerusakan yang serius.

 Ada banyak cara untuk menghilangkan air dari speaker ponsel cerdas Anda. Ini dapat dilakukan dengan HP Embedded Battery Type dan HP Regular Type. Berikut adalah beberapa cara paling umum  untuk menghilangkan air dari speaker HP Anda:

Cek Pengaturan Volume HP

Cara pertama untuk menghilangkan air dari speaker HP Anda adalah dengan memeriksa terlebih dahulu pengaturan volume HP Anda. Anda perlu memeriksa apakah suara yang keluar dari speaker masih normal. Penyebab masalahnya mungkin bukan terkena air, tetapi pengaturan volume yang salah.

Lakukan Tes pada Speaker HP

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara pengujian selanjutnya  dengan  speaker HP. Caranya adalah dengan menggunakan kode validasi atau kode informasi perangkat keras. Cara ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah speaker rusak sebelum melakukan tindakan membongkar komponen speaker.

Bersihkan Speaker HP yang Terkena Air

Jika ada air yang tertinggal di permukaan speaker HP,  segera bersihkan agar air tidak masuk. Anda dapat menggunakan jarum atau alat serupa untuk mengeluarkan air dari speaker HP. Menghilangkan sisa air yang menempel biasanya  membantu menghilangkan suara berderak dari speaker.

Keringkan HP Menggunakan Hairdryer

Selain mampu dipakai buat mengeringkan rambut, hairdryer ternyata pula mampu dimanfaatkan buat mengeluarkan air menurut speaker HP Iphone 7 plus atau HP jenis lainnya. Angin panas yg dimuntahkan sang hairdryer mampu menciptakan embun air yg melekat dalam speaker sebagai kering.

Cara mengeringkan speaker HP menggunakan hairdryer relatif mudah. Kamu hanya perlu menyalakan hair dryer menggunakan mode panas paling rendah lalu arahkan ke speaker HP. apabila HP engkau  tipe removable battery, usahakan tanggal casing & baterainya supaya proses pengeringan lebih cepat & maksimal.

Keringkan HP di Media Beras

Anda juga dapat mengeringkan ponsel Anda dengan media beras untuk menghilangkan air dari speaker ponsel Anda ketika benar-benar terendam. Beras memiliki sifat  menyerap air dengan  baik dan dapat mengeringkan komponen HP yang basah, termasuk speaker.

 Melakukan metode ini sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nasi ke dalam mangkuk atau wadah dan mengubur ponsel Anda di dalamnya. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa melepas dulu komponen HP tersebut kemudian diamkan selama beberapa hari.

Keringkan HP Menggunakan Kipas Angin

Jika tidak memiliki pengering rambut, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan smartphone yang terkena air. Sebelum mengering, lepaskan semua komponen yang dapat dilepas dan letakkan di depan kipas. Arahkan kipas  agar fokus pada speaker HP untuk pengeringan  maksimal. Lakukan  ini selama kurang lebih  5 jam hingga air pada speaker HP benar-benar kering.

Segera Service HP

Jika  mengeluarkan air dari speaker HP Anda dengan semua metode di atas tidak memberikan hasil apa pun, upaya terakhir adalah  segera membawanya ke Pusat Layanan HP. Teknisi akan menentukan apakah speaker HP  masih tersedia atau perlu diganti dengan suku cadang baru. Jika ponsel Anda masih dalam  garansi, ini jelas merupakan cara terbaik untuk mendapatkan layanan gratis.

Aplikasi yang Membantu Mengeluarkan Air Dari Speaker

Water Eject

Water Eject Shortcut adalah aplikasi yang umum digunakan untuk menghilangkan air dari speaker HP iPhone. Aplikasi ini bekerja dengan memancarkan gelombang suara frekuensi sangat rendah di dekat 165Hz. Aplikasi  Water Eject Shortcut mengalirkan air melalui lubang di speaker iPhone Anda.

Sonic

Selain aplikasi  Water Eject Shortcut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Sonic untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone iPhone Anda. Aplikasi ini berpotensi memancarkan gelombang suara yang  mendorong air keluar dari speaker HP.

Fix My Speaker

Anda juga dapat menggunakan situs Fix My Speaker  untuk menghilangkan air di speaker HP iPhone Anda. Pengoperasiannya sangat mudah, cukup kunjungi website dan tekan tombol berupa gambar  angin dan air. Suara akan terdengar secara otomatis dari samping, dan air akan didorong keluar secara perlahan  dari speaker.

Dilansir Dari: rpp-kputangsel.id