Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks Pakai Aplikasi

1 min read

Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks Pakai Aplikasi

Cara mengonversi foto menjadi teks menggunakan aplikasi

Cara Ubah Foto Jadi Tulisan Teks Pakai Aplikasi

Berikut cara mengubah foto menjadi teks menggunakan aplikasi
1.Google Lensa
Berikut cara mengubah foto menjadi teks menggunakan aplikasi

Cara pertama untuk mengonversi foto menjadi teks adalah memulai dari aplikasi bernama Google Lens.

Produk atau aplikasi Google ini sudah memiliki beragam fitur canggih, termasuk kemampuan untuk mengubah foto menjadi format teks.

Pengguna HP Android tentunya bisa menggunakan aplikasi Google Lens yang sudah terinstal di sistem secara default. Dan jika belum diinstal atau dihapus, Anda dapat menginstalnya kembali dari Google Play Store.

Aplikasi Google Lens ini membutuhkan setidaknya sistem operasi Android versi 6.0 atau lebih tinggi. Jadi pastikan bahwa ponsel Android yang Anda miliki sekarang memenuhi persyaratan umum.

Manfaat Google Lens bukan hanya tentang dapat mengonversi foto menjadi teks. Namun produk Google ini juga bisa menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa yang diinginkan.

Aplikasi buatan Google ini tentunya sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya, sehingga tentunya bisa serbaguna dan dapat membantu Anda dalam penggunaan sehari-hari.
2. Pemindai teks

Selanjutnya ada pemindai teks, yang dari namanya saja sudah diketahui bahwa fungsi aplikasi ini berkaitan dengan kamera ponsel dan teks.

Jika diperhatikan, aplikasi bernama Text Scanner ini mendapat rating tinggi dari Play Store, yaitu hampir lima bintang.

Jadi, tidak diragukan lagi bahwa aplikasi ini memiliki kinerja yang memuaskan dilihat dari review pengguna sebelumnya.

Jika Anda sudah memiliki ponsel Android dengan kamera yang bagus, Anda dapat menggunakan aplikasi pemindai teks ini untuk mengubah foto menjadi teks di buku.

Hebatnya lagi, aplikasi pemindai teks ini juga bisa dengan mudah terhubung ke Google Drive. Dengan aplikasi ini Anda tidak hanya dapat memindai teks tetapi juga memindai gambar serta berbagai dokumen lainnya.
3. Lensa kantor

Bagi Anda yang sering ingin menyalin teks dari buku ke ponsel, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Office Lens.

Aplikasi ini tentu saja tersedia di Google Play Store, yang dapat Anda gunakan secara gratis. Lensa office developer yang tak lain adalah Microsoft ini tentunya memiliki performa dan fitur yang bisa diandalkan.

Pada saat artikel ini ditulis, ada lebih dari 10 juta pengguna aktif dan peringkatnya juga tidak memenuhi syarat, mencapai 4,8 atau hampir 5.

Office Lens atau Microsoft Lens dapat memudahkan Anda untuk mengubah foto menjadi tulisan. Jadi jika Anda ingin memotret buku atau jenis huruf, Anda bisa langsung mengubahnya menjadi format jenis huruf seperti PDF.

Dan tentunya jika diperlukan juga bisa dipindah ke MS Word, dimana font aslinya berasal dari sebuah foto.
4. Peri Teks

Salah satu kelebihan memilih menggunakan aplikasi Text Fairy adalah tetap bisa bekerja secara offline. Aplikasi ini dapat dengan cepat mengkonversi dari format gambar ke format teks yang dapat Anda simpan dalam berbagai format.

Text Fairy juga memiliki keunggulan multibahasa, jadi hampir semua teks yang Anda rekam dapat dikenali oleh aplikasi luar biasa ini.

Anda dapat mengunduh aplikasi Teks Peri ini secara gratis dari Google Play Store. Aplikasi pengubah gambar untuk artikel ini membutuhkan setidaknya OS Android versi 5.0 atau lebih tinggi.

Jadi, jika ponsel Android yang Anda gunakan masih versi 4 ke bawah, Anda harus memperbarui OS terlebih dahulu.

Karena Text Fairy memiliki banyak fitur, maka tidak heran jika ukuran filenya bisa mencapai 50MB. Karena itu, sebelum mengunduh, pastikan Anda memiliki ruang disk HP yang cukup agar proses instalasi berhasil berjalan.

Sumber :